Skip to main content

8 Manfaat dari menulis di Blog yang bisa kamu dapatkan

DAFTAR ISIBUKATUTUP

    Pada postingan kategori Blogging kami pernah membahas manfaat dari ngeblog. Pada postingan tersebut dijelaskan 8 manfaat yang didapat dari aktivitas ngeblog. Salah satu dari manfaat tersebut adalah menjadi penulis yan lebih baik. Dengan menjadi seorang penulis, yang menulis di blog atau media lainnya kamu juga memiliki banyak manfaat dari aktivitas tersebut.

    Pada hari ini kami akan memaparkan manfaat menulis di blog kamu. Karya tulis fiksi maupun non-fiksi sama-sama memiliki manfaat. Manfaat tersebut bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga bisa jadi kamu telah merasakan manfaat tersebut namun tidak menyadarinya.

    Berikut 8 manfaat menulis di blog yang bisa kamu dapatkan


    Manfaat yang kami paparkan dibawah ini tentu bukan ukuran baku, karena sebenarnya menulis memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

    1. Menjadi Penulis yang Lebih Baik


    Menulis adalah sebuah keterampilan bukan bakat atau bawaan kamu lahir. Sehingga dengan banyak belajar kamu akan menjadi penulis yang mumpuni. Dan kamu akan mampu melahirkan karya tulis yang memukau para pembacanya.

    Menulis di blog adalah salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan menulis (fiksi maupun non fiksi). Dengan menulis di blog kamu akan lebih dikenal secara personal (diri sendiri) maupun identitas blog (nama blog). Juga kamu bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

    2. Merekam Sejarah


    Menulis adalah satu dari sekian banyak cara untuk mengabadikan suatu kejadian. Sehingga kejadian tersebut dapat diketahui oleh para generasi selanjutnya dengan membaca sebuah karya tulis yang mengabadikan kejadian tersebut. Dengan demikian sejarah tersebut dapat dikenang sepanjang masa.

    Menulis di blog pun dapat merekam sebuah kejadian. Bukan hanya itu, tulisan tersebut dapat dengan mudah menyebar ke sosial media dan tentu akan diketahui oleh banyak orang.

    3. Mencegah Kepikunan


    Menulis erat kaitannya dengan kerja otak. Otak manusia juga seperti tubuh, membutuhkan masukan gizi dan olah raga. Olah raga otak adalah dengan melatihnya berpikir positif dan gizi yang dibutuhkan otak adalah pengetahuan.

    Salah satu cara agar otak berpikir positif dan menambah pengetahuan (gizi otak) adalah dengan menulis. Sarana menulis yang sangat mudah adalah dengan menulis di blog. Karena menulis artikel di blog, selain menambah wawasan (pengetahuan) juga membantu orang lain secara tidak langsung.

    Dengan demikian otak akan terus bekerja mengumpulkan hal-hal positif sebagai referensi tulisan. Maka otak akan lebih sehat dan di hari tuanya akan terhindar dari kepikunan. Otak manusia sama halnya dengan pedang semakin di asah akan semakin tajam dan mudah untuk digunakan.

    4. Menulis Sebagai Media Belajar


    Menulis adalah salah satu media yang sangat efektif untuk belajar. Karena dengan menulis kamu akan lebih memahami suatu ilmu atau pengetahuan. Ilmu atau pengetahuan yang kamu pelajari akan tertanam di dalam otak.

    Dengan menulis, keterampilan kamu di suatu bidang yang kamu minati dan menjadi topik blog kamu akan meningkat. Contoh kamu memiliki minat di bidang menulis fiksi, di blog yang kamu kelola, kamu menulis tips, kiat atau yang lainnya yang berkaitan dengan menulis fiksi. Tidak lupa kamu juga menulis fiksi di blog kamu. Hal ini akan meningkatkan keterampilan kamu dalam menulis fiksi dan bukan tidak mungkin kamu menjadi ahlinya.

    5. Membentuk Karakter yang Baik


    Dengan menulis seseorang telah dan akan terus belajar untuk mengembangkan keterampilan menulisnya. Sehingga kepribadian penulis akan semakin lebih baik karena terus berpikir terkait hal-hal positif.
    Lambat laun secara tidak langsung karakter seorang penulis akan terbentuk dengan baik. Dengan demikian kamu dapat menjadi pribadi yang positif. Tidak copy paste tulisan orang lain misalnya, karena kamu telah memiliki kemampuan menulis.

    Selain itu menulis juga akan membuat kamu lebih bisa memahami karakter orang lain, sehingga kamu akan lebih mudah bergaul.

    6. Menjadi Inspirasi Orang Lain


    Menulis di blog juga akan membuat orang lain mengagumi diri kamu. Dan ini akan membuat kamu menjadi inspirasi bagi para penikmat tulisan kamu di blog. Bukan hanya itu mereka yang merasa terbantu oleh tulisan kamu di blog akan mengagumi kamu dan menyebarluaskan tetang diri kamu ke orang lain.

    7. Membantu Menyelesaikan Masalah


    Menulis artikel di blog terkait keterampilan dan minat kamu akan membantu menyelesaikan permasalahan orang lain. Karena tentu yang memiliki minat tentang blog kamu bukan hanya kamu. Banyak pemula di luar sana, juga ingin memiliki keahlian seperti kamu.

    Ketika mereka memiliki masalah tentang minatnya, mereka akan mengunjungi blog kamu untuk mencari solusinya. Dengan demikian kamu membantu mereka menyelesaikan masalahnya terkait topik blog kamu secara tidak langsung.

    8. Membangun Citra Diri


    Bukan hanya bermanfaat bagi orang lain. Menulis di blog juga akan membangun citra diri kamu. Kamu akan terlihat sebagai sosok yang positif dan ahli di bidang blog kamu. Dengan demikian akan banyak orang yang tertarik dengan kamu. Ini akan membantu kamu dalam mengembangkan diri secara personal maupun profesional.

    Itulah 8 manfaat dari menulis di blog. Ini menunjukan aktivitas ngeblog bukanlah hal yang sia-sia karena memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dan menulis di blog akan membuat waktu kamu tidak terbuang percuma.


    8 Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aktifitas ngeblog


    Beberapa orang mengatakan bahwa aktivitas blogging (ngeblog) merupakan aktivitas yang hanya membuang-buang waktu saja. Namun faktanya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas ngeblog. Blog merupakan tempat yang paling ideal untuk berbagi pengalaman, berbagi ilmu, berbagi cerita, dan lain-lain.

    Sebagian besar orang memulai aktivitas ngeblog karena hobi. Namun, sebagian orang memulai ngeblog karena mereka mengejar sebuah tujuan, baik mencari penghasilan tambahan dari internet, mencari relasi, dan lain sebagainya.

    Ngeblog bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Melaui blog orang dapat mengasah pola pikir, mengembangkan hobi (baik menulis atau yang lainnya), serta menambah wawasan.

    Manfaat ngeblog sendiri tentu berbeda bagi setiap blogger yang menjalaninya.

    Berikut kami sampaikan 8 manfaat ngeblog yang bisa kamu dapatkan.

    1. Meningkatkan Keahlian

    Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu, blog bisa jadi media yang tepat untuk mengasah kemampuan tersebut. Karena kamu bisa meningkatkan dan mencatat perkembangan keahlian yang sudah kamu miliki dan yang sedang kamu pelajari.

    Dengan memiliki sebuah catatan online tentang keahlian kamu. Kamu bisa dengan mudah mencari materi yang telah kamu pelajari, jika suatu hari kamu lupa tentang materi tersebut. Bukan hanya itu, dengan menulis hal apa saja yang sedang kamu pelajari dan kuasai di blog, kamu juga turut berbagi ilmu yang kamu miliki.

    Selain itu, kamu juga akan menambah kemampuan kamu dalam bidang HTML secara tidak langsung. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang bernilai tinggi di masa kini dan masa yang akan datang dengan perkembangan dunia internet dan digital yang begitu pesat.

    Dengan menjadi keahlian di suatu bidang, kamu akan mendapatkan karir yang lebih baik sesuai minat kamu. Karena dengan menulis keahlian kamu di blog, kamu akan di anggap ahli oleh pembaca blog kamu. Dan jika ada pembaca yang membutuhkan tenaga kerja, mungkin kamu orang pertama yang mereka hubungi. Hal ini karena mereka tahu kamu ahli di bidang yang dibutuhkan.

    2. Menambah Teman

    Hubungan pertemanan atau persahabatan tidaklah dibatasi oleh jarak. Dengan ngeblog kamu bisa mendapatkan teman baru. Baik teman satu daerah, beda daerah, beda pulau, bahkan beda negara dan dari berbagai kalangan.

    Teman baru tersebut bisa jadi teman sesama blogger, atau pembaca blog kamu. Kamu juga bisa mendapatkan teman yang memiliki hobi yang sama dan bisa saling berbagi informasi dengan mereka terkait hobi tersebut.

    Terlebih jika kamu ngeblog di platform blogging. Kamu akan lebih mudah mendapatkan teman baru, karena para user (pengguna) satu dengan yang lain akan menganggap mereka satu keluarga.

    Itulah indahnya membangun blog di platform blogging komunitas serta pertemanannya begitu unik.

    3. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

    Memang tidak semua blogger mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas ngeblog. Namun, tidak sedikit pula blogger yang mendapatkan penghasilan tambahan.

    Bahkan beberapa blogger ada yang menggantungkan hidupnya melalui kegiatan ngeblog dengan menjadi seorang blogger profesional.

    Dari mana blogger menghasilkan uang? Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari ngeblog, menjadi penayang iklan misalnya.

    4. Menjadi Penulis yang Lebih Baik

    Aktivitas ngeblog umumnya tidak jauh dari aktivitas tulis menulis. Maka dengan menjadi blogger kamu bisa melatih kemampuan menulis kamu, bahkan hanya menggunakan perangkat ponsel sekalipun, jika kamu ngeblog di platform blogging.

    Jika kamu merupakan orang yang memiliki hobi menulis, maka ngeblog adalah sarana terbaik untuk mengasah kemampuan menulis kamu. Bahkan kamu bisa menjadi penulis yang hebat dan terkenal. Sehingga kamu bisa menerbitkan buku atau di sewa oleh media masa ternama.

    5. Membantu Orang Lain

    Banyak orang setiap harinya mencari informasi untuk menyelesaikan masalahnya menggunakan bantuan mesin pencari, Google misalnya. Mereka akan mengetikan keyword (kata kunci) di kolom pencarian yang ada. Melalui kata kuci tersebut mereka akan menemukan informasi di hasil penelusuran terkait kata kunci yang mereka ketikan.

    Di hasil penelusuran itulah blog kamu akan muncul. Dan mereka yang membaca postingan kamu akan merasa terbantu dalam menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi. Dengan menjadi blogger kamu bisa membantu orang lain dalam dengan pengetahuan atau ilmu yang kamu miliki dan bagikan melalui blog.

    Pengetahuan dan informasi yang ada di dalam blog kamu, bisa digunakan oleh orang yang membutukan informasi tersebut. Sehingga, secara langsung maupun tidak langsung postingan di blog kamu bisa membantu orang lain untuk meningkatkan keahlian mereka atau menambah pengetahuan dari artikel di blog yang kamu kelola.

    6. Ide Diketahui Oleh Banyak Orang

    Melalui blog kamu bisa menyampaikan ide atau gagasan yang kamu miliki melaui tulisan. Tulisan yang kamu terbitkan di blog kamu, akan dibaca oleh orang lain. Banyak atau tidaknya orang yang membaca ide kamu, itu tergantung dari berapa banyak pengunjung blog kamu.

    Semakin banyak pengunjung blog yang kamu miliki, tentu ide atau gagasan kamu akan diketahui oleh lebih banyak orang. Oleh karena itu agar lebih banyak orang yang mengetahui ide kamu, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu. Semakin banyak orang yang berkunjung ke blog yang kamu kelola maka akan berbanding lurus dengan orang yang mengetahui ide kamu.

    Bingung bagaimana cara meningkatkan pengunjung? Silahkan baca postingan tentang 9 Cara Meningkatkan Jumlah  Pengunjung Blog Kamu.

    7. Dikenal Banyak Orang

    Sebagai seorang blogger, kamu akan dikenal oleh banyak orang melalui karya-karya yang kamu posting di blog. Karya-karya kamu akan dibaca oleh orang lain dan mereka akan mengenal kamu melalui karya tersebut.

    Terlebih, jika kamu memiliki halaman about me yang menarik dan informatif. Mereka akan lebih mudah mengenal kamu melalui halaman tersebut. Dengan dikenal oleh lebih banyak orang, kamu akan lebih mudah mendapatkan teman baru dan membangun jaringan komunitas kamu.

    8. Membangun Kepercayaan

    Ketika kamu bisa membantu sesama melaui blog kamu. Maka kamu akan diberikan kepercayaan oleh pembaca blog kamu karena kamu telah memberikan informasi yang berguna bagi mereka. Dan perlu diketahui bahwa kepercayaan tidak bisa dibeli menggunakan uang.

    Kepercayaan bisa diraih dengan memberi komitmen kepada pembaca blog kamu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan informasi yang bermanfaat kepada mereka (pembaca). Dengan memiliki kepercayaan yang besar dari pembaca kepada kamu, kamu akan dengan mudah membangun jaringan komunitas kamu.

    Meski ada yang mengatakan bahwa aktivitas blogging merupakan kegiatan yang kurang efektif. Namun faktanya banyak sekali manfaat blogging yang bisa kamu dapatkan. 8 manfaat di atas adalah salah satu contoh manfaat ngeblog.

    Saat ini sudah cukup banyak blogger yang merasakan manisnya mengelola dan mengembangkan blog. Bahkan, beberapa orang telah menjadi blogger sukses dan menjadi blogger profesional sehingga mereka (blogger) mampu menjalani kehidupan dari aktivitas ngeblog dengan menyenangkan.

    Sekarang kamu tahu apa saja manfaat yang kamu dapat dari aktivitas ngeblog. Jadi jangan ragu untuk ngeblog, karena ngeblog adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat dan teruslah berkarya bersama salah satu platform blogging terbaik yang terus melakukan inovasi terhadap fitur dan layanannya.

    Comments