Skip to main content

9 Cara meningkatkan jumlah pengunjung Blog kamu

DAFTAR ISIBUKATUTUP

    Pengunjung adalah orang yang berkunjung dan membaca postingan yang ada di blog kamu. Apa pun tujuan ngeblog, baik untuk mencurahkan ide yang ada di pikiran atau mencari uang tambahan dari internet.

    Memiliki pengunjung yang banyak merupakan harapan banyak blogger.

    Pengunjung blog sendiri terdiri dari 4 katagori berdasarkan sumbernya.

    Berikut adalah ke 4 katagori pengunjung blog tersebut:

    1. Pengunjung organik


    Pengunjung organik pengunjung yang berasal dari mesin pencari (Google misalnya) yang masuk melalui kata kunci tertentu.

    2. Pengunjung langsung


    Pengunjung langsung adalah pengunjung yang mengunjungi blog kamu dengan cara mengetikan alamat blog kamu di browsernya. Contohnya ketika kamu hendak mengunjungi blog resmi Baca Online kamu mengetikan alamat www.thejaey.com di browser yang kamu gunakan.

    3. Pengunjung referal


    Pengunjung referal adalah pengunjung yang berasal dari tautan blog kamu (backlink) dari situs atau blog orang lain, termasuk dari sosial media, sosial bookmark dan lain-lain.

    4. Pengunjung dari iklan


    Pengunjung dari iklan adalah pengunjung yang datang dari kampanye iklan blog kamu.
    Pengunjung dari iklan adalah cara paling cepat mendatangkan pengunjung. Beriklan di blog populer atau beriklan menggunakan Facebook Ads adalah cara tercepat meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan beriklan pengunjung blog kamu bisa lebih cepat meningkat.

    Cara tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun jangan khawatir, karena ada banyak cara gratis untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Berikut 9 diantara dari sekian banyak cara gratis untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

    1. Share ke sosial media


    Sosial media merupakan sumber pengunjung yang sangat besar, Karena banyak pengguna internet yang berkumpul di sosial media. Jika kamu punya akun sosial media seperti Facebook, Twitter atau yang lainya. Tak peduli berapa banyak teman kamu, atau pengikut kamu. Bagikan artikel kamu di akun sosial media milik kamu.

    Dengan membagikan postingan yang ada di blog kamu ke akun sosial media milik kamu. Tentu akan ada teman atau pengikut kamu yang membaca share tersebut akan berkunjung ke blog milik kamu.

    2. Blogwalking


    Blogwalking atau berkomentar di blog orang (baik satu topik atau tidak) bisa mendatangkan pengunjung blog kamu, sepanjang komentar kamu sopan dan cerdas. Bukan sekedar komentar basa basi (misalnya nice post teman, saya bookmark dulu ya, dan lain-lain). Lalu seperti apa komentar yang sopan dan cerdas? Kamu bisa membacanya pada postingan tentang 4 Tips Membuat Komentar Yang Baik.

    3. Bergabung di ruang obrol


    Ruang obrol adalah salah satu fitur yang ada di Internet, fitur ini digunakan untuk ngobrol oleh sesama pengguna Internet, berbagi informasi dan membantu pengguna lain. Selain itu kamu juga dapat ngobrol secara personal maupun ke semua pengguna yang aktif.

    Kamu bisa ngobrol dengan para pengguna yang aktif, buat topik yang menarik atau menjawab pertanyaan pengguna lain. Saat membuat topik atau menjawab pertanyaan pengguna lain, jangan menyertakan link, karena hal itu melanggar peraturan. Tanpa menyertakan link, mereka tetap bisa mengunjungi blog kamu dengan klik nama kamu.

    4. Menjadi penulis tamu


    Jika jumlah postingan di blog kamu sudah banyak, kamu sebaiknya menjadi blogger tamu di blog-blog ternama. Mengapa? Karena dengan menjadi blogger tamu, kamu bisa mencuri perhatian pembaca blog mereka. Jika postingan tamu kamu bagus, besar kemungkinan pembaca blog mereka akan tertarik berkunjung ke blog kamu dan menjadi pengunjung setia blog kamu.

    Selain itu, menjadi blogger tamu merupakan salah satu cara terbaik menjalin hubungan dengan para blogger ternama. Jika kamu ingin menjadi blogger tamu di blog-blog ternama, kamu bisa menemukanya di Blog Resmi Untuk  Pengguna Terkemuka, selaku blog resmi yang mengulas para blogger ternama.

    5. Buat karya kolaborasi


    Selain menjadi blogger tamu, kamu juga bisa mengajak mereka (blogger ternama) membuat sebuah karya kolaborasi. Karya kolaborasi adalah sebuah karya yang di ciptakan secara bersama-sama. Karya tersebut bisa berupa karya cerita atau yang lainya.

    Kamu bisa mengajak para blogger senior untuk membuat karya kolaborasi. Karya tersebut, tentu diposting di blog mereka atas nama kamu dan pemilik blog (blogger ternama). Dengan demikian, pembaca blog mereka mengetahui postingan tersebut hasil karya kamu dan pemilik blog. Besar kemungkinan para pembaca blog yang menjadi tempat karya kolaborasi kamu di terbitkan juga mengunjungi blog kamu.

    6. Riset kata kunci


    Untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari yang tertarget, sehingga bisa lebih maksimal, sebaiknya lakukan riset kata kunci di Google terlebih dahulu sebelum membuat artikel. Dengan meriset kata kunci sebelum membuat artikel, kamu bisa mengetahui tingkat persaingan artikel yang kamu buat.

    Selain itu, kamu dapat mencari kata kunci yang tingkat persaingannya rendah atau pencarian bulananya yang sedikit.

    Umunya long tail keyword memiliki jumlah pencarian yang kecil. Idealnya agar blog dapat bersaing dengan mudah cari LTK yang pencarian bulanannya di bawah 1000.

    7. Submit ke sosial bookmark


    Setelah menerbitkan artikel, sebaiknya lakukan promosi artikel tersebut. Salah satu cara termudah melakukan promosi selain share ke sosial media adalah dengan melakukan submit artikel tersebut ke sosial bookmark.

    Sosial bookmark sendiri adalah sebuah situs tempat menyimpan alamat postingan yang di sukai penggunanya. Banyak sekali sosial bookmark, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Selain, sebagai sarana promosi, submit ke sosial bookmark adalah cara mudah mencari backlink untuk meningkatkan kualitas SEO blog.

    8. Tukar link


    Tukar link adalah salah satu cara meningkatkan jumlah pengunjung, dengan bertukar link dengan blogger lain, kamu bisa mendapatkan pengunjung dari blog lain begitu pun sebaliknya. Ini juga merupakan salah cara menjalin hubungan dengan blogger lain yang saling menguntungkan.

    Kamu bisa bertukar link dengan sesama blogger, baik blogger senior maupun blogger yunior. Caranya kamu tinggal hubungi mereka melalui kontak yang ada. Katakan bahwa kamu ingin bertukar link dengan mereka. Diterima atau tidak, yang penting lakukan terlebih dahulu.

    9. Aktif di group sesama topik


    Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mendatangkan pengunjung adalah dengan aktif di grup yang satu topik dengan blog kamu. Ini cara yang sangat efektif jika blog kamu memiliki nice yang sepesifik. Mengingat mereka (anggota grub) merupakan orang yang sangat antusias dengan nice blog kamu.

    Mereka tentu akan tertarik dengan blog kamu, karena nice blog kamu adalah minatnya. Besar kemungkinan mereka akan menjadi pembaca setia blog kamu, selama postingan di blog kamu adalah postingan yang berkualitas.

    Meningkatkan jumlah pengunjung ke blog tanpa biaya perlu kerja keras. Jadi siapkan waktu dan tenaga untuk melakukan ke 9 cara di atas. Lakukan satu persatu agar tidak terbebani, dan bersabarlah karena pengunjung tidak akan meningkat drastis hanya dengan usaha satu hari saja.

    Comments