Skip to main content

Cara membuat pengalihan khusus di Blogger

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Cara membuat pengalihan khusus di Blogger

    Secara sederhana Pengalihan Khusus dapat diartikan mengalihkan alamat/url posting dari satu halaman/artikel ke artikel lain. Alasan utamanya biasanya karena suatu post telah dihapus sehingga harus dialihkan ke post baru agar tidak menimbulkan Broken Link atau 404 Not Found atau halaman kosong yang mana bila terdapat banyak broken link akibat dari halaman kosong tersebut akan berdampak kurang baik pada Blog.

    Misalnya saja post yang telah dihapus tersebut memiliki banyak pengunjung dan pengunjung tersebut hanya mendapati halaman kosong maka harus dialihkan ke halaman lain yang berisi konten agar pengunjung tidak kecewa dan juga agar tidak kehilangan pengunjung.

    Cara Membuat Pengalihan Khusus di Blogger


    1. Silakan masuk ke Blogger.
    2. Pilih Blog yang ingin dialihkan url postingnya tersebut.
    3. Pada bagian sebelah kiri silakan pilih "Setelan".
    4. Lalu pilih "Preferensi penelusuran" dan akan muncul halaman preferensi penelusuran.
    5. Lalu pilih "Pengalihan Khusus" dan klik "edit" maka akan muncul kotak isian pengalihan khusus, klik tombol "pengalihan baru" dan ikuti contoh pengisian sebagai berikut.

    Cara membuat pengalihan khusus di Blogger

    Dari: di isi dengan alamat/url artikel yang sudah di hapus atau url lama yang ingin dialihkan. Contoh: /2015/01/cara-membuat-pengalihan-khusus-di-blogger.html

    Kepada: di isi dengan url post tujuan atau target pengalihan dan bisa juga di arahkan ke halaman utama blog dengan cara mengisi kotak dengan garis miring saja. Contoh: /.

    Permanen: silakan di centang jika akan mengalihkan permanen, lalu klik "simpan"

    * Pada dasarnya pengisian kotak "Dari" dan "Kepada" Format url-nya tidak boleh menyertakan https:// atau domain dan tidak lebih dari 250 karakter.

    6. Dan terakhir klik "Simpan Perubahan".

    7. Selesai, silakan ulangi langkah2 diatas bila ingin mengalihkan lebih dari satu Post/Artikel/Halaman.

    Untuk lebih khusus lagi kita juga dapat membuat halaman Error 404

    Cara membuat halaman Error 404 (Page Not Found) di Blogger


    Cara Membuat Halaman Error 404 (Page Not Found) di Blogger


    Secara default halaman 404 ini sudah tersedia di Blogger namun kodenya tidak terlihat di dalam template sehingga tampilannya tidak bisa diedit atau diubah.

    Agar tampilannya dapat diubah sesuai hati kita bisa menambahkan sepotong kode berikut ke dalam template.

    Berikut ini kode untuk mengatur tampilan halaman 404:

    <b:if cond='data:view.isError'>
    <!-- Tampilan halaman 404 disini -->
    </b:if>

    Silakan simpan kode tersebut kedalam template, boleh diletakkan antara tag <head>..</head> boleh juga diatas atau dibawah tag <body>


    Kode tersebut dapat dikreasikan sendiri sesuai selera seperti contoh berikut:

    <b:if cond='data:view.isError'>
    Misalnya, kita dapat menaruh kode html disini, kode css, kode javascript, menampilkan gambar, pesan kepada pengunjung, menambahkan kode pengalihan halaman ke halaman lain atau apapun.
    </b:if>

    Selesai...

    Sesimpel itu cara mengatur tampilan halaman 404. Seperti yang sudah disebutkan diawal halaman tersebut secara default sudah ada di Blogger hanya saja tampilannya apa adanya jadi bagi yang ingin memiliki tampilan berbeda atau untuk keperluan lain bisa menggunakan kode diatas.

    Jika tidak ingin repot menambahkan kode tersebut kedalam template maka kita bisa menggunakan cara lain yaitu langsung menerapkan "pesan khusus 404" dan "pengalihan halaman 404" melalui halaman Setelan di Blogger, hanya saja tampilannya akan apa adanya dan tidak bebas mengkreasikannya sendiri.

    Demikian dan berikut ini sebagai tambahan terkait halaman 404.

    Apa arti dari kode nomor 404?

    404 Tidak Ditemukan adalah kode yang ditampilkan karena situs yang diteruskan tidak dapat ditemukan atau alamatnya telah dihapus dan tidak ada lagi. Hal ini juga biasanya disebabkan oleh tautan yang rusak, halaman web yang pindah ke alamat lain, atau pengguna salah mengetik url.

    Mengapa saya mendapatkan 404 Halaman Tidak Ditemukan?

    Kesalahan 404 adalah peringatan yang muncul ketika browser tidak dapat menemukan halaman atau file yang Anda akses. Konten yang diakses mungkin hilang, diubah, atau rusak, dll. Ketika halaman 404 tidak ditemukan ditampilkan, hal ini berdampak negatif pada pengalaman pengguna pengunjung. Karena mereka tidak bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

    Bagaimana cara mengatasi halaman error 404?

    Pada umumnya penyebabnya adalah karena url posting sudah dihapus, atau tersimpan di draft sementara atau salah ketik url sehingga ketika url di klik akan mengarah ke halaman 404. Solusinya adalah dengan membuat url baru yang sama persis dengan yang sudah terhapus tersebut, atau menampilkannya kembali dari draf, atau perbaiki urlnya agar tidak salah ketik, atau alihkan saja ke halaman lain.

    Cara otomatis:
    Cara redirect halaman Error 404 ke halaman lain di Blogger?
    Gunakan Script JavaScript Pengalihan Halaman

    Jika tidak segera mengambil tindakan, error 404 ini akan berdampak pada kesehatan blog, posting menjadi lambat terindex, dll. Jika sulit melakukan tindakan yang disebutkan diatas dapat juga menghapusnya melalui Search Console.


    Script javascript pengalihan halaman


    Cara membuat kode script JavaScript pengalih halaman atau redirect page.

    Dengan script ini kita bisa mengalihkan satu domain ke domain lain (berguna untuk subdomain gratis yang tak bisa diutak-atik), atau dari halaman lain ke halaman lain, baik dalam sesama host (tempat/web/blog) maupun ke host lain.

    Misalnya mengalihkan alamat web/blog "A" ke web/blog "B".

    Atau mengalihkan url post Blog A ke url post di Blog B.

    Cara kerjanya adalah ketika url post Blog A di-klik akan teralihkan ke url post di Blog B.

    Secara default kode JavaScript pengalihan halaman seperti berikut ini:

    <script type='text/javascript'>
    var d='https://jaeyjoke.blogspot.com';
    d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
    location.href = 'https://jaeyzone.blogspot.com' + window.location.pathname;
    </script>

    Jika dibaca, script diatas kurang lebih berbunyi: menimpa/mengalihkan https://jaeyjoke.blogspot.com ke lokasi https://jaeyzone.blogspot.com

    Kode diatas hanya berfungsi untuk mengalihkan dari satu domain/subdomain ke domain/subdomain lainnya.

    Untuk mengalihkan dari satu url ke url lainnya, misalnya https://jaeyjoke.blogspot.com/2022/30/jaey-tamvan.html ke lokasi https://jaeyzone.blogspot.com/2022/30/jaey-cool.html maka tinggal ubah saja alamat pada kode default diatas.

    Sekali lagi, itu hanya berlaku untuk pengalihan satu url saja.

    Lalu bagaimana ketika ingin mengalihkan banyak url dengan alamat berbeda-beda, tentu kita tidak mungkin membuat kode sebanyak-banyaknya, seumpama url yang akan dialihkan ada 300 buah, masa iya kita membuat kode sampai 300 buah juga, tentu tidak.

    Untuk dapat mengalihkan banyak url kita perlu menambahkan Kode/Tag pendeteksi url halaman atau disebut juga kode untuk menampilkan url halaman.

    Kode script untuk menampilkan url halaman secara umum tidak kita bahas disini.

    Disini kita akan membahas Tag menampilkan url halaman di Blogger saja.

    Di Blogger, Tag global untuk menampilkan url halaman adalah <data:blog.url/>
    Memasang scriptnya boleh ditempatkan dimana saja dalam template.

    Dan, Tag khusus untuk menampilkan url post adalah <data:post.url/>
    Dan ini memasang scriptnya hanya ditempat tertentu saja.

    Silakan pilih salah satu sesuai keperluan, anggap saja kita sepakat memilih ini <data:blog.url/>

    Tag <data:blog.url/> jika dimasukkan kedalam JavaScript perlu diubah sedikit menjadi + data:blog.url + dan tanda petik (') diubah menjadi &#39; tujuannya agar kodenya selaras.

    <script type='text/javascript'>
    var d=&#39;+ data:blog.url +&#39;;
    d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, &#39;&#39;);
    location.href = &#39;https://jaeyzone.blogspot.com&#39; + window.location.pathname;
    </script>

    Jika dibaca, script diatas kurang lebih berbunyi: url apapun yang ada di blog ini silakan timpa memenjadi alamat https://jaeyzone.blogspot.com dan alihkan ke lokasi https://jaeyzone.blogspot.com

    Seumpama script diatas dipasang ke dalam template di https://jaeyjoke.blogspot.com maka url lokal yang berawalan 'jaeyjoke' pada blog tersebut akan berubah menjadi 'jaeyzone' ketika di-klik, hanya url lokal saja yang berubah, seumpama ada url lain misal url facebook.com, dll diblog tersebut, tidak ikut berubah.

    Script diatas dapat dipasang ke dalam template diantara <head>..disini..</head>.

    Script JavaScript redirect page

    Selesai..

    Perkiraan kegunaan dari JavaScript pengalih halaman:

    1. Kebetulan https://jaeyjoke.blogspot.com ini di blokir oleh FB, tidak boleh dibagikan ke FB, dengan alasan melanggar ketentuan komunitas FB, menurutnya kata JOKE pada subdomain tersebut mirip artinya dengan hoax, jadi dianggap penyebar hoax. Diakali dengan short-link tidak bisa, satu-satunya cara memang harus berganti domain/subdomain tapi jika "malas atau alasan lain" maka saya rasa metode pengalihan ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi domain yang diblokir FB. Dengan cara membuat blog baru dan tempatkan kode diatas di blog baru tersebut (tapi belum saya coba).

    2. Kebetulan juga saya menggabungkan 3 blog menjadi satu. Dengan memanfaatkan kode pengalihan ini, visitor dari blog lainnya dapat ikut diarahkan ke blog ini, artinya kita tidak akan kehilangan visitor dari mesin pencari.

    3. Seumpama Blogspot tutup atau karena hal lain dan "kita" berpindah ke platform lain atau memiliki host pribadi, saya rasa kode pengalihan ini juga dapat dimanfaatkan namun dengan cara pemasangan yang berbeda, blog yang sudah tutup misalnya biasanya url-postnya akan tetap tersimpan dalam waktu tertentu di pencarian Google dan tidak benar-benar dihapus dalam waktu tertentu, cara pengalihan ini hanya berlaku jika menggunakan domain berbayar. Kita berasumsi blog lama dan blog baru memiliki format url berbeda sehingga diperlukan pengalihan.

    Comments