Skip to main content

Cara mengatasi beberapa kendala yang mungkin terjadi di blog

DAFTAR ISIBUKATUTUP

    Penyebab dan cara mengatasi tidak bisa berkomentar di Blogger


    Dalam berselancar di dunia maya saya lebih sering menggunakan Browser FireFox Lite karena cocok dengan Smartphone RAM rendah dan juga bersahabat dengan jaringan 2G/3G di kampung. Namun sayangnya beberapa hari lalu muncul pemberitahuan bahwa FireFox Lite akan dihentikan dalam waktu dekat dan mau tidak mau saya harus berganti Browser dan pilihannya jatuh pada Chrome Android.

    Chrome sebenarnya merupakan Browser paling keren menurut saya tapi saya tidak memilih dia waktu itu karena beberapa hal yaitu tidak bisa digunakan buat berkomentar di Blog Blogger dan tidak bisa masuk ke Blog yang memiliki proteksi AdBlocking. Terkhusus soal AdBlocking (jika tidak menampilkan iklan tidak boleh masuk), mau di-aktifkan fitur JavaScriptnya ataupun tidak tetap tidak bisa masuk ke Blog yang menggunakan fitur proteksi iklan tersebut. Ini masukan juga buat teman-teman yang pakai AdBlocking di Blognya, untuk menambahkan info kepada pengunjungnya di Pop-up AdBlocking bahwa "Meski sudah mengaktifkan JavaScript tapi tetap tidak bisa masuk kemungkinan pengunjung harus menyetting cookie juga untuk 'dizinkan ke semua' agar bisa masuk".

    Bertahun-tahun tidak pakai Chrome cuma karena beberapa alasan itu, saya sudah lapor ke Chrome "mengapa tidak bisa digunakan berkomentar di Blogger?", tapi saya dicueki, tidak dibalas, mungkin salah saya juga bertanya-nya di PlayStore, bukan pada tempat bertanya mungkin, hihi abisnya saya ga tau mesti bertanya kemana soal Chrome.

    Tapi karena sekarang saya pakai Chrome saya berusaha keras mencari penyebab mengapa tidak bisa dipakai buat berkomentar di Blog. Setiap mau berkomentar nama dari Akun Google kita tidak muncul yang tentunya setiap berkomentar harus pakai nama akun kan?. Cari-cari petunjuknya dipencarian Google, meskipun rata-rata artikel di pencarian Google hanya menulis soal Chrome Komputer saja bukan Chrome Android tapi setidaknya saya mendapat sedikit garis besar pencerahan solusi dari artikel tersebut yang dapat disesuaikan untuk pengguna Android.

    Ternyata penyebab permasalahannya ada di Setting Cookie. Silakan lihat gambar dibawah ini, dulu saya me-set-nya ke "Blokir cookie pihak ketiga" dan itulah yang menyebabkan tidak bisa berkomentar di Blogger dan juga tidak bisa masuk ke Blog yang memasang AdBlocking.

    Penyebab dan Solusi Tidak Bisa Berkomentar di Blogger serta AdBlocking

    Jadi solusinya adalah pilih "Izinkan cookie", dengan cara buka Chrome Android > Tap titik tiga paling atas pojok kanan > Setelan > Setelan situs > Cookie > pilih Izinkan cookie. Selesai.



    Penyebab kotak komentar error bX- saat edit template blogger


    Penyebab kotak komentar error bX- saat edit template blogger


    Saat mengedit Template Blogger, ReDesign, Memodif atau apapun namanya kemungkinan anda pernah mengalami terjadi Error pada kotak kolom tempat menulis komentar biasanya ditandai dengan tulisan peringatan bX-blabla.

    Ada berbagai macam solusinya ketika kita melakukan pencarian di Google namun terkadang tidak berhasil karena meski permasalahannya sama tapi membutuhkan penyelesaian berbeda dan disini saya mencoba menuliskan solusi lainnya berdasarkan yang saya alami.

    Beberapa hal yang mungkin perlu kita pahami sepertinya:

    1. Sepertinya tidak semua kode kotak komentar disertakan dalam Template, dengan kata lain ada beberapa kode lainnya yang sengaja tidak ditampilkan pihak Blogger.

    2. Warna text maupun link color atau Variabel warna hingga variabel warna widget lainnya sepertinya semua terhubung dengan kode kotak komentar. Saya pernah menghapus salah satu kode warna lain, semisal kode warna Sidebar maupun Atribute, kotak komentarnya langsung menjadi error dan setelah saya kembalikan barulah normal kembali.

    3. Tidak hanya warna tapi juga Font. Saat salah satu font default kita hapus maka kotak komentar akan error. Dengan kata lain ada salah satu Font dari font default yang tidak boleh dihapus.

    Jadi kesimpulannya jika kita tidak pernah mengedit kode2 yang berkaitan dengan kode komentar namun terjadi error besar kemungkinan masalahnya ada di 3 poin diatas dan itulah solusinya.



    Comments



    1. Nggak bisa komentar pake crome..🤣🤣🤣🤣 Ada saja ente Huu..🤣🤣🤣 Bukannya diteliti sih sampai pentil2nya.🤣🤣🤣 pernah gw ngalamin Huu tapi hitungan jam ketemu.😁😁😁


      Selain Crome pakai Pure Browser juga enak Huu, Janda rasa perawan Huu..🤣🤣🤣 Ukuran filenya kecil Huu ketimbang Firefox Lite..😊😊😉

      Atau min browser Huuu produk dari Xiaomi itu juga filenya kecil.😊😊

      Kalau urusan browser dihp gw ada 50 Huuu...Biar kalau error bisa gonta-ganti..😆😆🤣🤣🤣🤣🤣

      ReplyDelete
      Replies

      1. Iya gak kepikir kang, saya sangka penyebabnya karena sering gonta ganti email, jadi biarlah ga usah pke chrome toh ada firefox lite tapi pas firefox lite tutup baru deh kelabakan 😅

        Aku sukanya browser ternama aja kang 🤣 tapi opera touch juga lumayan 👍

        Serius 50? Banyak amat 🤣🤣

        Delete
    2. ya nih, terutama yang Eropa selalu minta dibolehkan "cookies"....

      # Informatif ..... have a nice day

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau cookies model begitu sih mudah aja pak, tinggal klik "go it" atau "ok", langsung selesai.

        Delete
    3. Kalo aku biasanya pakai Opera mini, ukurannya cukup kecil tidak Segede chrome. Pernah pakai Firefox lite dulu tapi sudah jarang dipakai.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dulu aku sempat trauma mas pakai opera, banyak iklannya haha jadi sampai sekarang masih trauma 👍

        Delete

    Post a Comment