Skip to main content

Kumpulan tutorial seputar kartu sim (All Operator)

DAFTAR ISIBUKATUTUP
    Kumpulan tutorial seputar kartu sim (All Operator)

    Cara mengatasi NIK yang tidak bisa dipakai untuk registrasi kartu SIM Telkomsel

    Apa solusinya jika NIK sudah terdaftar di 3 kartu SIM card Telkomsel?
    Dalam 1 NIK hanya bisa dipakai untuk registrasi 3 nomor Telkomsel/by.U, maka solusinya kita harus unreg salah satu NIK dari nomor Telkomsel/by.U tersebut.

    Cara unreg NIK dari nomor Telkomsel:


    SMS UNREG#NO NIK kirim ke 4444 atau melalui *444#.

    Kalau nomornya hilang atau lupa, silakan menghubungi Call Center Telkomsel atau datang ke GraPARI.

    Cara unreg NIK dari SIM Card by.U:


    • Proses unreg kartu SIM by.u hanya bisa dilakuin di aplikasi by.U.
    • SIM Card by.U yang akan di unreg harus terpasang di device atau ponsel kita.
    • Matikan wifi, dan gadget harus terkoneksi dengan jaringan selular by.U, karena proses unreg hanya bisa dilakukan ketika jaringan by.U menyala
    • Masukkan nomor KTP dan nomor KK yang terdaftar di SIM Card by.U dan alasan mengapa memilih untuk unreg
    • Selanjutnya silakan setujui Syarat dan Ketentuan, dan terakhir silakan klik 'Unreg SIM Card', selesai.

    Seumpama fisik SIM Card kita hilang atau rusak, kita bisa mencoba menghubungi Nindy via LiveChat dalam aplikasi by.u untuk meminta bantuan!


    Cara mengetahui apakah kartu sim sudah 4G/5G atau belum?


    Cara cek apakah Kartu Sim kita sudah 4G, 4.5G atau 5G.

    Tak lama lagi jaringan 3G akan ditiadakan oleh pemerintah dan akan fokus ke 4G, pihak provider gencar melakukan peningkatan dari 3G ke 4G secara bertahap disetiap kota.

    Untuk dapat menikmati jaringan 4G ini kartu dan ponsel harus mendukung 4G dan diwilayahnya juga harus sudah terdapat jaringan 4G.

    Meskipun kartu dan ponsel sudah mendukung 4G tapi kalau diwilayahnya belum ada 4G maka tidak bisa.

    Sebaliknya kalau kartunya 3G dan ponselnya 4G akan dianggap masih 3G, dan ponsel 3G pakai kartu 4G juga tidak bisa menikmati 4G ini. 

    Solusinya jika Kartu masih 3G dapat diupgrade ke 4G sedangkan ponsel kalau masih 3G mungkin perlu ganti baru.

    Saya kemarin sempat bingung kartu saya masih 3G atau sudah 4G? saya cari infonya diwebsite resmi tapi penjelasannya tidak ada, lalu saya cari di Googel tapi sayangnya rata-rata panduannya tidak akurat alias tidak berfungsi.

    Lalu saya bertanya melalui pesan pribadi di Twiiter pada layanan operator yang saya gunakan, lalu dijawab oleh robot "Mohon tunggu, Anda mendapat nomor antrian sekian." Dan tak lama kemudian muncul cewek yang menjawab semua pertanyaan saya.

    Jadi itulah cara mengetahui apakah Kartu Sim kita sudah 4G atau belum yaitu dengan menghubungi pihak operator melalui Twitter, awalnya saya inbox melalui FB tapi robot disana menyuruh saya ke Twitter.

    Saya tidak tahu apakah cara ini berlaku untuk semua operator, Telkomsel/Simpati/As, XL/Axis, Indosat/Tri, dll, tapi jika pada kartu kita tidak ada layanan otomatis untuk mengetahui apakah Kartu Sim kita sudah 4G atau belum, cara bertanya manual melalui Twitter ini patut dicoba dan saya sudah mencoba dan mendapat pelayanan dengan baik. Khusus kartu Axis nama akun Twitternya @Ask_Axis

    Cara UNREG layanan SMS berlangganan yang menguras pulsa

    Terkadang saat browsing di internet tanpa sengaja kita me-klik iklan berbahaya yang mengakibatkan nomor ponsel teregistrasi secara otomatis, berlangganan ke layanan tertentu yang dapat menguras pulsa dari setiap sms yang masuk yaitu sms premium yang biasanya bertarif sekitar Rp.2000,- per/sms.

    Kalau sudah terdaftar secara otomatis seperti itu biasanya sulit untuk di unreg, sehingga pulsa akan terkuras terus menerus. Cara menghentikannya kita bisa me-unreg melalui bantuan operator dari provider yang kita gunakan. Sebagian operator mungkin memiliki fitur ini yang dapat di akses langsung melalui nomor layanan tapi sebagian operator lainnya lagi mungkin kita harus bertanya langsung ke operator bersangkutan, bisa melalui sosial media seperti Facebook atau Twitter.

    Dulu sekali saya pernah mengalami itu dan berhasil dengan cara tersebut dan baru-baru ini teman juga mengalaminya dan inilah mengapa saya memposting ini siapa tau bisa jadi solusi.

    Namun berhubung caranya berubah dari waktu ke waktu seiring perubahan dari masing-masing operator kemungkinan caranya tidak akan selalu sama jadi ada baiknya langsung hubungi saja operator masing-masing untuk mengetahui cara yang tepat. Tapi sebelum menghubungi operator ada baiknya kita cek terlebih dulu barangkali fiturnya ada di SIM card kita yang dapat kita lakukan sendiri.

    Untuk mengeceknya sama persis seperti cek pulsa, misal kalau pakai Axis maka panggil *123# akan muncul sederetan menu dan cek apakah ada layanan "unreg semua layanan" disana, tapi berhubung saya pakai Axis setelah saya cek sepertinya tidak ada fitur tersebut. 

    Cara UNREG Layanan SMS Berlangganan yang Menguras Pulsa (All Operator)

    Namun sebagai gantinya di Aplikasi Axis ada fitur Set Security Level "Lock" ber-ikon gembok dan salah satu tujuannya untuk pencegahan agar tidak terkena konten sms premium.

    Cara UNREG Layanan SMS Berlangganan yang Menguras Pulsa (All Operator)

    Cara UNREG Layanan SMS Berlangganan yang Menguras Pulsa (All Operator)

    Sebagai contoh cara untuk kartu Indosat / IM3 / Mentari.

    Panggil *123#
    Pilih/Ketik "44"
    Pilih/Ketik "2"
    Pilih/Ketik "1"
    Susunannya tidak selalu begitu alias terkadang berubah-ubah, tapi pada intinya, silakan cari menu dengan fitur "Unreg Semua Layanan".

    Itu contoh cara manual, sedangkan untuk cara cepat bisa langsung ketik semuanya, misal *123*44*2*1#

    Jangan coba itu, itu hanya contoh.

    Begitu juga cara untuk operator lainnya seperti: Simpati, AS, 3, XL, Smartfren, dll.

    Jadi silakan cek dulu kartu kita seperti cek pulsa, jika tidak ada layanan unreg maka sebaiknya hubungi operator untuk meminta bantuan.


    Comments